Bisnis Makanan Diet - DallasWiens

10 Strategi Usaha Makanan Diet: Online dan Offline

Posted on

Bingung bagaiamana memulai katering bisnis makanan diet? Bagaiama cara pemasarannya? Di sini akan dibahas straregi online dan offline nya. Ungkap rahasianya di sini !

Saat ini, entah dari kalangan pria maupun wanita, sedang berupaya untuk menurunkan berat badannya. Hal ini bisa menjadi ide yang bisa sangat menguntungkanmu. Misalnya saja, dengan mulai menggeluti bisnis makanan diet. Bisa dipastikan, kamu akan mendapatkan banyak pelanggan.

Apalagi di era ini, orang-orang sudah banyak yang lebih concern terhadap kesahatan tubuhnya. Kelebihan berat badan, menurut sejumlah informasi, bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit. Maka dari itu, tak heran jika saat ini, sudah banyak orang yang berupaya untuk menurunkan berat badannya.

Selain dari sisi kesehatan, bisnis makanan diet akan sangat menguntungkan karena dengan adanya makanan tersebut, mereka bisa memaksimalkan program diet yang dilakukan. Dengan kata lain, penurunan berat badan yang dapat mereka miliki bisa lebih cepat didapatkan.

Diet, tak hanya bermanfaat dari segi kesehatan. Dari segi penampilan, juga sangat menguntungkan. Kamu yang sebelumnya tidak bisa menggunakan baju slim fit yang akan membuat penampilan lebih menarik, jadi bisa menggunakannya dan membuatmu tampak lebih menawan.

Tren Katering Sehat untuk Diet

Bisnis Makanan Diet - DallasWiens

Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, saat ini sudah mengalami peningkatan. Tren yang ada dalam gaya hidup sehat, yakni dengan hanya memakan sejumlah makanan khusus diet saja. Biasanya, mereka tidak menyediakan makanan sendiri, melainkan langsung memesan makanan dari penyedia makanan diet.

Biasanya, bisnis makanan diet adalah salah satu yang menyediakan makanan bagi mereka yang ada dalam program diet. Nantinya, orang yang memesan atau dikirimi makanan yang memiliki kalori rendah. Setiap makanan yang akan dipesan, juga bisa disesuaikan dengan program yang dipilih oleh pelanggan.

Nantinya, menu yang ditawarkan adalah menu yang memiliki kadar garam serta gula yang rendah. Selain itu, menu makanan yang ditawarkan juga punya kandungan karbohidrat yang rendah. Nantinya, setiap lauk yang ada di dalamnya, juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan.

Baca Juga : Bisnis 2022: Perbedaan antara Bisnis Nasional dan Internasional

Tak hanya menu itu saja, masih ada menu lain yang akan diberikan. Misalnya saja, ada kudapan ringan antara waktu makan siang dan juga makan malam. Ada kudapan seperti buah-buahan. Makanan yang disediakan pun bisa diminta agar kandungan kalorinya, sesuai dengan kebutuhan tubuh dari pelanggan.

Bisnis makanan diet yang mungkin ingin kamu geluti, bisa memanfaatkan momentum tren masyarakat yang sedang ingin membuat tubuh mereka ingin lebih profesional dan juga lebih sehat. Namun sebelum memulai bisnis tersebut, baiknya kamu membaca sejumlah uraian yang akan disediakan pada bagian berikut.

Memulai Katering Sehat Bisnis Makanan Diet

Nah, sebelum kamu memulai bisnis makanan diet, baiknya mempertimbangkan sejumlah hal terlebih dahulu. Misalnya saja, dengan mempertimbangkan modal serta keuntungan yang mungkin bisa kamu dapatkan. Adapun perthitungan secara lengkapnya, akan disediakan pada uraian DallasWiens berikut ini:

Perhitungan Modal

Hal pertama yang harus kamu hitung adalah dari segi perhitungan modal terlebih dahulu. Bisa dikatakan, modal yang dibutuhkan untuk memulai katering sehat bisnis makanan diet itu, tidak terlalu besar. Kamu hanya butuh sejumlah modal dan juga peralatan berikut ini:

  • 100 pcs tempat makan: Rp 500.000
  • 1 set sendok dan garpu plastik: Rp 32.500
  • Sticker logo merk: Rp 300.000
  • Tas belanja kertas: Rp 100.000
  • Bahan makanan organik: Rp 3.000.000

Nah, itu semua adalah modal awal untuk 100 pcs makanan diet. Jika kamu ingin memulai untuk menjual seluruh total pcs makanan yang disediakan, maka total modal yang diperlukan yakni Rp 3.925.500.

Perhitungan Keuntungan

Tak hanya dengan menghitung modal awal untuk membuka bisnis makanan diet saja yang perlu dihitung. Kamu juga perlu menghitung berapa keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ini. Adapun keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari hasil penjualan 100 porsi yakni:

  • Per porsi harganya: Rp 50.000
  • Jumlah terjual: 100 porsi
  • Total yang didapatkan: Rp 5.000.000
  • Modal awal : Rp 3.932.500
  • Keuntungan bersih: Rp 5.000.000 – Rp 3.932.500 = Rp 1.067.500

Dengan perhitungan di atas, maka bisa diartikan dalam seratus porsi yang terjual, kamu bisa untung kurang lebih Rp 1.067.500. Kalau diprosentasikan,maka kurang lebih keuntungan yang bisa kamu dapatkan yakni sekitar 30%. Ini merupakan prosentase yang besar untuk ukuran bisnis.

Teknik Marketing agar Bisnis Katering Laris

Tadi, kamu sudah mengetahui bagaimana perhitungan modal dan juga keuntungan dari memulai bisnis makanan diet, kamu pun harus mengetahui bagaimana cara memasarkannya agar target penjualan bisa terus meningkat. Kamu bisa pakai dua cara, yakni online dan offline:

Cara Online

Cara pertama yang dapat kamu lakukan, adalah menggunakan teknik marketing secara online. Cara ini, terbilang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan cara offline. Kamu bisa menggunakan sejumlah platform sosial media yang ada saat ini. Carilah sosial media yang bagimu sangat potensial untuk memasarkan bisnis makanan diet.

Misalnya saja, kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lain sejenisnya. Pasarkan saja ke sejumlah media sosial tersebut agar pasar yang dapat kamu capai, bisa lebih luas. Dengan begitu, potensi mendapatkan banyak orderan, bisa lebih besar.

Biasanya, ada sejumlah cara khusus yang bisa dilakukan untuk memasarkan secara online. Beberapa cara berikut, akan sangat membantumu dalam mengenalkan produk bisnis yang sedang kamu geluti ini. Adapun cara yang bisa dilakukan yakni:

  • Foto produk harus dibuat dengan semenarik mungkin.
  • Posting secara rutin foto menu yang disediakan.
  • Menyediakan menu yang bervariasi bagi para pelanggan.
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang yang ada di setiap sosial media.
  • Memanfaatkan grup WhatsApp untuk memasarkan produk yang kamu miliki.
  • Membagikan informasi mengenai promo yang diberikan.

Cara Offline

Selain menggunakan cara online, kamu pun masih bisa menggunakan cara offline. Kombinasi dari dua cara tersebut, tentu akan sangat menguntungkan bagimu. Kalau cara online, akan membuatmu dapat menjangkau pasar yang sebelumnya tidak bisa dijangkau. Sedangkan cara offline, berlaku sebaliknya.

Cara offline, sangat bermanfaat untuk menjangkau pasar yang terdekat darimu terlebih dahulu. Misalnya saja, tetangga komplek, saudara, bahkan dari sejumlah keluarga yang rumahnya berdekatan dengan rumahmu. Caranya pun bisa beragam. Misalnya saja, dengan menawarkan secara langsung dari pintu ke pintu.

Cara menawarkan dari pintu ke pintu, memang merupakan cara lawas atau kuno. Tapi, keefektifan dari cara ini, masih dapat diandalkan. Dengan datang langsung, kemungkinan besar karakter orang Indonesia yang tidak enakan dan terkadang sungkan, biasanya langsung membeli produk yang kamu tawarkan.

Tak hanya dengan datang dari pintu ke pintu, kamu pun bisa langsung membuka gerai atau outlet di rumah atau di lokasi tertentu. Cara ini, sangat bermanfaat bagi orang yang tidak suka ribet dan harus pesan dulu. Biarkan mereka datang sendiri dan memilih menu diet yang diinginkan.

Atau biarkan juga mereka langsung memesan katering dengan datang langsung ke outlet tersebut. Adanya outlet, biasanya membuat bisnis lebih bisa dipercaya oleh pelanggan.

Penutup

Itulah sejumlah informasi mengenai bisnis makanan diet mulai dari bagaimana tren yang sedang berkembang hingga apa saja cara yang perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan. Semoga informasi ini cukup membantu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3000

No votes so far! Be the first to rate this post.