Usaha Rice Bowl Rumahan: Begini 5 Cara Pemasarannya

Posted on

Ingin memulai bisnis rice bowl rumahan? Jangan asal mulai, harus tau dulu strategi atau cara pemasarannya. DallasWiens membagikan 5 cara pemasaran bisnis rumahan ini dengan cara yang mudah dipahami. Cekidot !

Menu rice bowl banyak disukai masyarakat daerah perkotaan besar. Suguhan makanannya memiliki porsi yang cukup dan jenis lauk pauk yang menggugah selera. Pada dasarnya skala bisnis ini tidak hanya berupa sajian dari restoran mewah. Banyak juga masyarakat bermodal kecil yang mengadakan bisnis rice bowl rumahan.

Sebenarnya apa itu rice bowl? Anda dapat menyimak pembahasan khususnya melalui artikel ini. Anda dapat berkreasi dengan beraneka macam hiasan dan jenis lauk dengan konsep makanan yang satu ini. Pelajari juga potensi bisnis makanannya jika Anda tertarik untuk membuka bisnis serupa.

Apa Itu Rice Bowl?

Bisnis Rice Bowl Rumahan - DallasWiens

Rice bowl adalah makanan olahan nasi yang disertai dengan lauk pauk dan disajikan dalam mangkuk. Jika Anda membeli makanan jenis ini di restoran maka sajian mangkuk menggunakan mangkuk keramik. Apabila Anda memutuskan untuk membungkus makanannya pulang biasanya sajian mangkoknya berupa mangkok plastic atau mangkuk kertas khusus.

Sajian yang menggunakan mangkuk memungkinkan para pebisnis kuliner untuk menghias makanannya. Berbeda sekali dengan makanan yang dibungkus hanya dengan menggunakan kertas ataupun plastik makanan. Kelebihan tersebut membuat bisnis rice bowl rumahan sangat berkembang terutama di era pandemi.

Beberapa jenis dari kuliner ini yang banyak beredar adalah rice bowl ala Jepang, masakan Korea, makanan tradisional Indonesia, dan lain-lain. Bukannya tidak mungkin juga membuat sajian cukup sederhana seperti rice bowl ayam geprek. Usahakan untuk selalu menyediakan menu bertema ayam karena masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang satu ini.

Potensi Bisnis Makanan

Anda sudah mengetahui tentang apa itu bisnis rice bowl rumahan. Mari sekarang kita simak tentang potensi bisnis makanannya. Kita akan membahas potensinya dari masa ke masa tentang bisnis rice bowl. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai menu rice bowl, bisa mencari di situs cookpad.

Pada dasarnya makanan merupakan kebutuhan pokok. Setiap kali Anda berhasil menjual makanan yang enak biasanya lambat laun akan menjadi terkenal dan jumlah pelanggan terus bertambah. Proses menghasilkan makanan enak ini harus berjalan konstan untuk bisa mencapai jumlah konsumen yang semakin banyak. Jadi dapat dikatakan potensi dari jual beli makanan rice bowl tidak akan pernah ada matinya.

Baca Juga : Bisnis 2022: Perbedaan antara Bisnis Nasional dan Internasional

Selain itu bisnis rice bowl rumahan juga bisa berkembang besar dan berpotensi membuka lapangan kerja. Anda tahu sendiri bahwa kemunculan pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak masyarakat terkena PHK karena merosotnya permintaan. Penjual makanan bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bila dilakukan secara konsisten dan terus memperbaiki resep.

Ditambah lagi sekarang pemasaran makanan dapat dilakukan online yang berarti jangkauan untuk mencari konsumen jauh lebih luas dibandingkan hanya sekedar berjualan offline. Kemunculan berbagai macam aplikasi pesan antar makanan cukup mempertinggi potensi bisnis makanan.

Namun ada satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa menjadi seorang pebisnis berbeda dari karyawan karena seorang pebisnis mendapatkan gaji yang naik turun. Anda pernah memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang cukup baik untuk bisa membuat bisnis terus berkembang menjadi semakin baik.

Mulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

Anda sudah tidak sabar untuk memulai bisnis rice bowl rumahan. Ketahui beberapa langkah untuk memulai bisnisnya di bawah ini.

Menyiapkan Budget Sebagai Modal Awal

Anda sudah mengetahui ingin membuat rice bowl jenis apa. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan budget yang sesuai dengan harga menu. Tentunya budget tidak perlu terlalu besar dan paling tidak menghabiskan dana paling mahal sekitar Rp 500.000 untuk memulai bisnis. Dana tersebut diperlukan hanya bila sebagian besar menu yang ditawarkan ke konsumen berupa daging sapi dan seafood.

Setiap kali berhasil menjual makanan nantinya harus diputarkan kembali untuk modal. Jangan terpancing untuk gaya hidup ketika berhasil banyak menjual banyak makanan. Bagaimana pun Anda perlu menyiapkan dana darurat juga.

Cara Pemasaran Bisnis Rice Bowl Rumahan

Anda sudah menyiapkan bidget dengan jumlah yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Selanjutnya Anda bisa memulai untuk melakukan kegiatan pemasaran bisnis rice bowl ini. Pemasaran yang sendiri bisa dibagi menjadi online dan offline. Simak penjelasan lengkap tentang kedua pemasaran ini.

Pemasaran Online

Kegiatan bisnis kuliner harus melakukan promosi secara online. Promosi secara online dapat dilakukan dengan berbagai media internet seperti media sosial, website, maupun marketplace. Contoh media sosial promosi adalah Instagram, Facebook, Tik tok, WhatsApp, dan lain sebagainya. Perkembangan media sosial dari tahun ke tahun cenderung berubah sehingga penjual harus selalu mengikuti perkembangannya.

Kemudian untuk promosi bisnis rice bowl rumahan nya bisa melalui website-website dapat dilakukan dengan bekerja sama terhadap orang lain yang memiliki website atau mengelola website sendiri. Namun jika Anda memilih untuk mengelola website sendiri maka perlu untuk melakukan update informasi secara rutin. Buat konten artikel yang berkualitas tentang berbagai bisnis kuliner dan hubungkan dengan bisnis kuliner rice bowl rumah Anda.

Anda juga perlu bekerjasama dengan aplikasi antar pesan makanan. Contohnya adalah Go-jek, Grab, maupun Shopeefood. Pelajari baik-baik peraturan dari setiap aplikasinya karena aplikasi yang satu dengan lainnya menerapkan peraturan yang berbeda. Ketiga jenis aplikasi tersebut ramai pengguna, terutama penggunanya berasal dari kalangan generasi milenial yang doyan jajan kuliner.

Pemasaran Offline

Hal yang harus Anda ketahui selanjutnya untuk menjalankan bisnis rice bowl rumahan adalah pemasaran offline. Pemasaran offline dapat dilakukan dengan menyebar brosur atau berbicara menggunakan speaker. Itu tadi cara yang dianggap cukup terjangkau. Apabila Anda memiliki modal yang lebih besar, dapat beriklan memasang banner iklan di pinggir jalan.

Pemasaran Offline sendiri juga dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Namun cara ini sering dilakukan para konsumen yang memang menyukai kualitas makanan buatan Anda.

Terus Perbaiki Menu Rice Bowl dan Tambahkan Menu

Persaingan dalam hal kuliner cukup ketat karena banyak orang yang juga berpikiran untuk mendirikan bisnis ini. Namun Anda tidak boleh menyerah dan harus terus memperbaiki menu rice bowl ketika benar-benar sudah memutuskan terjun ke dunia bisnis kuliner. Perbaikan kualitas menjadi lebih baik mampu menjadikan produk kompetitif dibandingkan dengan produk pesaing.

Selain itu Anda juga harus harus memperbanyak jenis menu sehingga konsumen tertarik mencoba. Luncurkan menu ketika resep yang dipakai untuk membuat rice bowl sudah benar-benar enak. Jangan buat kecewa pelanggan Anda karena mencari pelanggan itu susah.

Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan

Selain berusaha mencari pelanggan baru maka Anda nantinya juga perlu untuk menjaga pelanggan yang sudah ada. Berusahalah untuk mengenal pelanggan lebih dekat dan bersikap ramah kepadanya. Penjual yang ramah pasti akan memberikan kesan positif di hati pelanggan.

Jika Anda sedang membuat promosi terhadap rice bowl yang dijual maka beritahukan kepada pelanggan. Siapa tahu mereka tertarik borong banyak karena memang suka dengan rice bowl buatan Anda.

Delegasikan Tugas Memasak kepada Orang Lain

Jika suatu saat bisnis rice bowl rumahan Anda menjadi semakin besar dan banyak pembeli, tidak ada salahnya mendelegasikan tugas memasak kepada orang lain. Namun Anda jangan sampai memberitahu resep bumbunya kalau memang berhasil membuat masakan super enak. Selalu buat resep bumbu sendiri dan sisanya baru mendelegasikan tugas memasak kepada para karyawan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3900

No votes so far! Be the first to rate this post.