Game Buatan Indonesia Mendunia - DallasWiens

7 Kumpulan Game Buatan Indonesia yang Mendunia !

Posted on

Game buatan Indonesia? Emangnya seru? Eits jangan salah..! beberapa game Indonesia sudah mendunia loh. DallasWiens merangkum menjadi  7 kumpulan game dari Indonesia yang mendunia dan seru ! Game yang populer, biasanya memang bikinan orang luar negeri. Pemainnya, bisa datang dari berbagai belahan dunia. Tapi, apakah kamu tahu bahwa ada game buatan Indonesia yang sudah bisa mendunia dan sudah memiliki banyak pemain? Kalau belum tahu, mungkin ada baiknya menyimak sedikit ulasan di artikel ini.

Saat ini, bisa dikatakan tingkat perkembangan game, berjalan dengan sangat cepat. Awalnya, game hanya dapat dimainkan pada perangkat komputer saja. Dengan kata lain, hanya orang-orang yang bisa membeli komputer, lah, yang bisa memainkan sejumlah game.

Setelah game bisa dimainkan lewat komputer, hadir lagi terobosan teknologi yang membuat laptop punya spesifikasi yang bahkan bisa lebih tinggi dibandingkan komputer. Maka dari itu, game sudah berkembang jadi bisa digunakan pada perangkat laptop.

Namun tetap saja, kedua perkembangan tersebut, masih terbilang ekslusif dan hanya bisa diakses oleh orang-orang berduit. Namun sekarang, game telah jadi lebih inklusif atau merata. Kini, hampir semua orang, dari kalangan manapun, sudah bisa memainkan game.

Bagi kamu yang penasaran dengan perkembangan game sekaligus ingin tahu apa saja game buatan Indonesia, mungkin kamu bisa melihatnya pada uraian yang akan disediakan pada bagian berikut ini.

Sejarah Perkembangan Game di Indonesia

Sejarah Game Buatan Indonesia - DallasWiens

Sebelum kamu mengetahui tentang apa saja game buatan Indonesia yang bahkan sudah mendunia, ada baiknya untuk tahu perkembangan industri game yang ada di Indonesia. Kini, game sudah bisa dimainkan pada sejumlah perangkat seperti PC, tablet, laptop, dan bahkan smartphone.

Menurut sejumlah informasi yang didapatkan, perkembangan industri game yang ada di Indonesia, dapat ditarik pada 15 tahun yang lalu. Waktu itu, perkembangan game sudah terlihat ramai. Dibuktikan dengan adanya game konsol seperti PlayStation, Nintendo dan lain sejenisnya.

Pada zaman tersebut, orang-orang yang sangat berperan terhadap penyebarannya, hanyalah distributor game tersebut saja. Industrinya masih belum cukup besar dan tentu, masih jauh lebih ekslusif dibandingkan saat ini.

Baca Juga : 12 Rekomendasi Game Online Gratis Terbaik

Selain itu, pada 15 tahun lalu juga, masih tidak ada developer atau pengembang game buatan Indonesia lantaran masih banyak orang-orang yang memainkan game hasil bajakan. Hal ini memang banyak dilakukan, karena tingginya disparitas harga kaset yang original dengan kaset game bajakan.

Seusai masa game konsol berjaya, hadirlah penantang baru dari game konsol, yakni game online. Game online, hadir ke Indonesia pada tahun 2000-an. Dan pada saat itu, sudah muncul sejumlah nama publisher atau perusahaan maupun individu yang sudah memiliki hak untuk menerbitkan ataupun memasarkan judul game.

Pada waktu itu, kebanyakan game yang dipasarkan, hanya game yang berasal dari luar negeri saja. Game buatan Indonesia, masih kalah jauh tingkat kepopulerannya dengan game luar negeri.

Misalnya saja, dulu sangat populer salah satu game online yang bernama Ragnarok Online. Developer atau pembuat game ini, yakni Gravity Corporation yang markasnya ada di Korea Selatan. Tapi, publishernya atau penerbitnya itu PT Lyto Datarindo Fortuna asal Indonesia.

Dilihat dari sudut pandang bisnis, Industri game yang ada di Indonesia, sudah mulai berkembang. Pasalnya, game legal yang datang dari luar, sudah masuk ke pasar Indonesia. Tapi developer lokal yang juga mengembangkan game dengan copyright milik sendiri juga masih sulit. Alasan utamanya, adalah biaya.

Biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan dalam satu judul game saja, bisa dikatakan sangat besar. Padahal, waktu itu sudah banyak talenta Indonesia untuk membuat game. Dalam satu game saja, biayanya bisa Rp 10 miliar – Rp 20 miliar.

Walaupun dulu susah, sekarang perkembangannya sudah meningkat signifikan. Ditandai dengan munculnya berbagai developer game seperti Agate Studio, Toge Production, Altermyth Studio, Tinker Game, Touch Ten Game, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 400 developer yang ada di Indonesia.

Dan apakah kamu tahu, game buatan Indonesia menurut data terakhir yang didapatkan, sudah mencapai 1000 judul game yang telah dilahirkan.

Kumpulan Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Game Buatan Indonesia Mendunia - DallasWiens

Nah, setelah kamu tahu sekilas tentang sejarah industri game yang ada di Indonesia, ada baiknya untuk tahu apa saja game buatan Indonesia yang bahkan sudah mendunia. Dari 1000 judul game yang sudah dibuat, belum tentu kamu sudah mengetahui salah satunya. Kalau mau tahu, cek uraian berikut, ya:

DreadOut

Pertama, ada game yang bernama Dread Out. Game buatan Indonesia ini, merupakan besutan Digital Happiness yang rilis pada 15 Mei 2014. Di dalamnya, game ini menampilkan hantu seperti pocong, kuntilanak, sundel bolong, dan sejumlah hantu lokal lainnya.

Game ini, menceritakan tentang seorang siswi SMA yang bernama Linda. Ia diceritakan tersesat di suatu kota mati dengan teman serta gurunya. Linda, diberikan kekuatan supranatural yang dapat digunakan untuk melawan hantu. Game ini, sudah cukup populer di kalangan gamers dunia.

DreadOut 2

Tak hanya berhenti pada DreadOut yang pertama, Digital Happiness juga merilis DreadOut  pada tahun 2018. Game ini, menjadi sekuel untuk melanjutkan kisah DreadOut pertama. Game buatan Indonesia ini, dihadirkan dengan mekanik gameplay serta visual yang lebih baik dibandingkan yang pertama.

DreadOut 2 ini, dikembangkan dengan Unreal Engine yang mana dari segi gameplaynya, game ini lebih terbuka dibandingkan versi sebelumnya.

Ghost Parade

Penulis pun cukup heran tentang mengapa game buatan Indonesia yang populer atau mendunia, kebanyakan menceritakan hantu atau hal-hal supranatural lainnya. Game Ghost Parade ini, dibuat oleh Lentera Nusantara dan dirilis untuk sejumlah perangkat. Misalnya saja, macOS, PC, Nintendo Switch, PS4, dalam bentuk fisik serta digital.

Game ini menceritakan seseorang bernama Suri yang harus melakukan penjelajahan ke dalam hutan agar dapat balik ke rumahnya. Di sini, Suri diceritakan dapat memanfaatkan kemampuan dari para hantu agar bisa menavigasi setiap rintangan yang ada dalam game ini.

Valthirian Arc: Hero School Story

Valthirian Arc: Hero School Story, menjadi salah satu game buatan Indonesia khusus PC yang menawarkan konsep simulasi. Masih ada juga bumbu petualangan dari setiap karakter yang ada di dalamnya. Nantinya, pemain harus membangun sekolah pahlawa pada dunia Role Playing Game (RPG) dan menjadi kepala sekolah.

Fitur yang ada di dalam game ini, yakni menawarkan sejumlah kemampuan seperti membangun struktur, fasilitas, juga untuk mengelola sejumlah aktivitas setiap siswa yang ada. Game ini juga dilengkapi dengan sejumlah petualangan dari sejumlah siswa yang terpilih sebagai siswa atau tim terbaik demi menjalankan misi yang ada.

Kumpulan Game Buatan Indonesia Lainnya yang Mendunia

Kumpulan Game Buatan Indonesia Seru - DallasWiens

Selain keempat game tersebut, masih ada sejumlah daftar atau kumpulan game lainnya yang juga mendunia. Hal ini membuktikan, bahwa game buatan Indonesia, juga tak kalah bagus walaupun perkembangan industri game di Indonesia, masih kalah jauh dibandingkan perkembangan game di luar negeri:

  • Ultra Space Battle Brawl.
  • Motte Island
  • Just Desert.

Penutup

Itulah sejumlah game buatan Indonesia yang kualitas dan kepopulerannya tidak kalah dibandingkan game buatan luar negeri. Selain itu, kamu juga sudah mengetahui bagaimana jalannya perkembangan industri game yang ada di Indonesia sejak belasan tahun lalu hingga saat ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.