Pengertian Tutorial Arti dan Istilah - DallasWiens

Tutorial: Pengertian, Jenis, dan Perbedaan Istilah Serupa

Posted on

Zaman dimana kelas online dan WFH masih sering berlangsung membuat semua orang harus paham apa itu tutorial. Memahami istilah tersebut akan memudahkan dalam mengerti perbedaan dengan lektorial, seminar, dan workshop. Baik Anda yang karyawan maupun mahasiswa pasti sering kali bertemu istilah ini di internet.

Dunia perkantoran maupun akademik memang tidak bisa terlepas dari yang namanya hal ini. Langsung saja kita bahas dimulai dari pengertiannya dahulu.

Pengertian Tutorial

Pengertian Tutorial Arti dan Istilah - DallasWiens

Istilah ini adalah suatu metode pembelajaran yang berupa program tertentu dan dimaksudkan untuk percepatan pendidikan. Sebagian besar sistem pembelajaran ini dalam bentuk kelompok, meskipun ada beberapa yang dilangsungkan perorangan. Orang-orang yang pertama kali merasa kesulitan terhadap suatu pembelajaran maka akan menjadi lebih mudah dengan adanya proses ini.

Orang yang menjelaskan dengan metode yang lebih mudah kepada orang-orang di kelasnya disebut tutor. Jika dahulu sebagian besar kelas dilangsungkan offline, maka sekarang siapapun bisa mendapatkan sistem pembelajaran ini dalam kelas online. Setiap orang yang berada di kelas tutor tidak akan datang dengan kepala kosong meski posisinya sebagai siswa.

Mereka sudah harus mempelajari sekilas atau setidaknya mengkaji tentang topik yang akan dibahas. Materi-materi yang akan dijelaskan dalam kelas lebih mirip dengan ringkasan sehingga mengharuskan para siswa sudah belajar dahulu. Kita akan beralih ke pengertian antara tutoring dengan tutor.

Apa Itu Tutor dan Tutoring

Sebagian besar orang memahami tutor mirip dengan guru. Padahal keduanya tetap memiliki perbedaan. Beberapa perbedaan utama antara tutor dan guru akan dijelaskan melalui poin-poin berikut.

  • Guru mengajar dalam kelas yang setidaknya terdiri dari 10 sampai 40 siswa. Guru perlu selalu mengikuti kurikulum standar yang mana terjadi perubahan setiap periode waktu tertentu. Sedangkan tutor lebih pada mengajar siswa dalam skala yang lebih kecil dibandingkan guru.
  • Seorang guru harus mencari metode yang mampu dipahami oleh seluruh siswa, baik yang cepat mengerti dan siswa yang perlu waktu lebih lama untuk bisa paham. Tutor harus menyajikan konsep berbeda agar lebih membantu pemahaman para siswa. Fungsi dari tutor lebih pada menguatkan apa yang telah diajarkan guru dalam kelas.
  • Apabila murid di kelas diajarkan guru maka harus berusaha cepat paham. Tidak mungkin meminta penjelasan berkali-kali kepada guru kalau sampai belum paham akan

Tutor pada saat bekerja mengajar seseorang atau kelompok, maka kegiatannya disebut tutoring. Adanya tutoring diharapkan mampu membuat seseorang atau kelompok menjadi semakin paham tentang suatu bidang keilmuan. Media untuk tutoring sangat banyak, seperti papan tulis, kertas, proyektor, dan lain-lain.

Apabila tutor mengajar kepada seseorang saja maka media yang digunakan bisa berupa tablet maupun smartphone juga. Namun mengajar melalui media tablet dan smartphone hanya dapat dilakukan bila tutoring berlangsung tatap muka. Tentu saja tutor juga perlu mengajarkan tentang metode pendekatan yang khusus.

Tidak seperti tutorial, sedangkan metode tutoring yang modern bisa memanfaatkan software komputer. Ada banyak software pendidikan yang sekarang tersedia di internet. Software-software tersebut dapat membantu siswa menjadi paham dengan lebih cepat.

Interaksi antara tutor dan siswa yang diajarkan juga tetapt terjaga. Kemampuan pemahaman siswa juga bisa diketahui di layar komputer.

Jenis dari Tutorial

Jenis dari Tutorial - DallasWiens

Anda sudah memahami definisi tutorial, tutor, dan tutoring. Kita beralih ke pembahasan mengenai jenis dari kegiatan ini yang bermacam-macam. Seorang tutor disarankan menggunakan bermacam-macam tutorial untuk bisa membuat kondisi pembelajaran tidak membosankan. Orang-orang yang diajarkan juga bisa menjadi semakin bersemangat dikala tidak mudah bosan dalam belajar.

Jalannya tutoring akan bergantung pada jenis yang diterapkan oleh tutor. Mengenai jenis-jenisnya bisa langsung Anda ketahui di bawah ini:

Tutoring Diskusi

Jenis yang pertama akan dibahas adalah tutoring berbasis diskusi. Untuk bisa berdiskusi seorang siswa disarankan sudah mempelajari sekaligus mengkaji suatu topik. Tutor dan orang yang mengikuti tutoring bisa berdebat dan berdiskusi mengenai suatu topik.

Berdasarkan hasil diskusi, seorang tutor juga perlu berpikiran terbuka. Siapa tahu antara tutor dan pihak yang mendapatkan tutoring sama-sama memperoleh ilmu. Dalam melangsungkan tutorial diskusi diharapkan tidak ada pihak yang debat kusir karena tujuannya sama-sama membuka wawasan.

Tutoring Pemecah Masalah

Macam berikutnya adalah tutoring pemecah masalah. Jenis yang satu ini sebagian besar berada di bidang IPA sehingga meliputi teknik, sains, maupun matematika. Proses memecahkan masalah juga dirinci dengan detail sehingga bisa membuat peserta didik menjadi paham. Seringkali tutor harus menjelaskan tentang rumus dan asal usul rumusnya.

Tutoring Tanya Jawab

Tersedia juga jenis tutoring yang berupa tanya jawab. Macam tutoring yang satu ini juga kerap dipanggil sebagai Q&A. Jadi seorang siswa biasanya sudah mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan ke tutor saat berada di jam bimbingan belajar.

Macam-Macam Strategi Tutorial yang Efektif

Macam Macam Strategi Tutorial - DallasWiens

Keberhasilan seorang tutor dalam mengajar siswanya tidak pernah terlepas dari sejumlah strategi. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan sehingga kegiatan tutoring dapat berjalan lebih efektif. Macam-macam dari strateginya dapat Anda simak berikut.

Planning

Strategi yang pertama adalah planning yang mana bertujuan untuk pembelajaran orang yang mendapatkan tutoring. Seorang tutor diharapkan sudah membuat pedoman awal sehingga nantinya bisa menjalankan setiap sesi secara lebih lancar. Persiapkan bahan-bahan yang juga bisa mendukung.

Communication

Kita juga akan membicarakan tentang strategi communication. Strategi tersebut biasanya memancing para siswa untuk menjawab pertanyaan dari tutor. Umpan balik tadi dapat dipakai menilai apakah siswa sudah paham dengan konsep yang dibagikan atau sebaliknya.

Delivery

Penjelasan mengenai strategi berikutnya adalah Delivery. Metodenya dilakukan dengan memberikan materi khusus yang relevan. Proses penyampaian materi dilaksanakan dengan melibatkan banyak siswa yang diajarkan juga.

Biarkan siswa mencoba memahami konsep yang sedang dipelajari. Sewaktu siswa berusaha menjelaskan seorang tutor yang menerapkan metode ini diharapkan tidak terlalu banyak bicara atau ikut campur. Hargai pengetahuan yang diberikan oleh siswa dan pembenahan dapat dilakukan selesai sang siswa menjelaskan bahagiannya.

Perbedaan Tutorial dengan Kuliah, Lektorial, Seminar, dan Workshop

Perbedaan Tutorial dengan Kuliah, Lektorial, Seminar, dan Workshop - DallasWiens

Kita akan membahas juga mengenai perbedaan istilah ini terhadap kuliah, seminar, workshop, dan uga lektorial. Perbedaan antara istilah ini terhadap kuliah adalah bagian ruang lingkupnya. Kuliah biasanya membicarakan topik yang mencakup hal luas dalam waktu singkat.

Sedangkan tutoring lebih memperdalam materi yang sudah dibahas dalam perkuliahan. Materi yang disampaikan tutor dapat memperkuat pemahaman para mahasiswa tentang suatu topik yang sudah disampaikan dalam perkuliahan.

Lektorial sendiri merupakan metode pengajaran yang mengkombinasikan antara kuliah dan tutoring. Mahasiswa berkesempatan terlibat dengan kelompok yang lebih besar. Sedangkan seminar mengkombinasikan antara tutorial dan kuliah yang pengajarannya bersama-sama.

Lalu workshop adalah program pengembangan keterampilan maupun pengetahuan yang dilakukan terhadap para staf suatu perusahaan. Pada workshop sering kali memanggil orang yang berprofesi ahli dalam suatu bidang sehingga basis orang yang menyampaikan topik tidak harus selalu dosen. Demikian pembahasan mengenai tutorial dari DallasWiens, semoga penjelasan pada artikel ini dapat membantu meningkatkan pemahaman pembaca ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2111

No votes so far! Be the first to rate this post.